Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense

Cara membuat blog bisa dibilang belum ketinggalan zaman. Lantaran saat ini masih banyak anak sekolah, mahasiswa, dan generasi muda belum menguasai dalam membuat blog pribadi. Padahal tuntutan era digitalisasi sekarang ini memiliki blog menjadi kewajiban bagi yang ingin menghasilkan uang di internet.

Memang menghasilkan uang melalui bisnis online tidak terbatas pada blog saja, ada banyak lagi peluangnya. Vlog, internet marketing, dropship, jasa desain, reseller, dan lainnya. Dalam artikel kali ini kami akan berbagi Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense. Bagaimana caranya? berikut kami rangkum sesuai dengan pengalaman sejak tahun 2013 lalu.

Persiapan Sebelum Membuat Blog Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang dari blog kedengarannya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, dapat lebih mudah bila kita memiliki persiapan-persiapana awal, yaitu:

1. Niat yang kuat

Dalam segala bidang, termasuk dunia blogging, niat menjadi faktor kunci dalam meraih keberhasilan. Tidak soal apakah kamu hanya punya hp. Sebab ngeblog dari hp juga tidak menutup kemungkinan untuk berhasil menjadi seorang blogger. Namun ada kalanya blogger membutuhkan laptop atau komputer dalam urusan desain tata letak / antar muka blog. Setelahnya kita bisa menulis blog dari hp saja. Yang penting niat.

2. Usaha tanpa pamrih

Sebelum memulai ngeblog, pastikan niat kamu bukan ingin mencari cuan. Jadikan ngeblog sebagai hobi, lama kelamaan hobi ngeblog akan mendatangkan cuan. Ini menurut pengalaman kami. Jika tujuan kamu mencari cuan dari blog, kamu cenderung mengharap hasil dari segala usaha yang kamu lakukan. Padahal ngeblog juga butuh usaha yang tidak sedikit, kita tidak bisa mengharapkan semua berhasil secara instan. Semua perlu proses.

3. Keterampilan menulis

Salah satu perbedaan blog dengan vlog adalah jenis kontennya. Website Log (Blog) dominan merupakan konten tulisan. Sementara Video Log (Vlog) adalah konten video yang dominan isinya berupa audio-video. Jadi suka tidak suka, kalau mau jadi blogger menghasilkan uang, kuasai keterampilan menulis. Setelah itu, kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

4. Buat akun Google

Dibutuhkan sebuah akun google untuk bisa ngeblog menggunakan platform blogger. Pembahasan lebih lanjut akan kami uraikan di bawah. Yang kita perlukan adalah gmail dan blogger. Itu saja. Dan keduanya merupakan produk google. Maka dari itu penting memiliki akun google.

Mulai Membuat Blog Baru dengan Blogger

Ada banyak platform untuk mulai membuat blog baru. Apakah itu di wordpress, blogger, dan lainnya. Artikel ini akan memandu kamu membuat blog baru di platform Blogger yaitu Blogger.com. Sebab di platform ini kamu bisa membuat blog baru secara gratis tanpa membeli hosting dan pemborosan biaya lain-lain.

Perbedaannya kalau membuat blog baru di wordpress, kita dituntut upgrade akun berbayar jika ingin menggunakan fitur seperti desain tema blog juga memasang plugin yang berfungsi sebagai fitur yang memanjakan pembaca blog kita. Oke langsung saja kita lanjut cara membuar blog gratis di blogger.com.

  1. Buka Blogger.com
  2. Sign In menggunakan Akun Google. Lalu Buat Blog Baru
  3. Tulis Judul Blog yang diinginkan. Kemudian klik OK/Lanjut. Misalnya bila kamu berminat membuat blog tutorial, kamu bisa menulis judul Sans Tutor, atau Great Tips, atau Nice Way, dan lain-lain. Terserah kamu.
  4. Tulis Url Blog. Url blog di sini adalah alamat link blog kamu. Blog kamu akan tampil jika pembaca mengunjungi url ini. Misalnya: sanstutor.blogspot.com, greattipsfromi.blogspot.com, atau nicewayforyou.blogspot.com. Ketik sesuai seleramu. .blogspot.com sendiri adalah domain gratis yang diberikkan blogger kepada penggunanya termasuk kamu. Kita bisa mengubah alamat domain ini dengan biaya pertahun, lebih lanjut akan dijelaskan di bawah.
  5. Setelah judul dan url selesai, kamu harus melakukan desain blog baru kamu. Ini penting agar pembaca blog nantinya merasa betah membaca dan berlama-lama di blog kamu. Jangka panjang, desain blog ini mempengaruhi apakan blog kamu memenuhi syarat untuk diterima Google Adsense atau tidak.

Sampai di tahap ini sebenarnya kamu sudah memiliki blog baru. Silahkan kamu menulis artikel dengan mengklik Postingan Baru. Tulislah sebanyak 2 artikel di sana sebagai artikel pembuka. Selanjutnya adalah melakukan desain tema blog agar nampak aesthetic dan memanjakan pembaca.

Desain Tema Untuk Membuat Blog Aesthetic

Tidak diperlukan keahlian menyusun kode script atau skill coding untuk melakukan desain tema blog. Di platform blogger juga sudah tersedia tema atau template bawaan yang sudah nampak aesthetic. Namun begitu kamu boleh coba cara lain seperti mendownload template blogger di situs penyedia template atau membeli langsung dari desainernya. Kami sarankan untuk menggunakan template blog yang responsive, fast loading, dan support SEO (Seacrh Engine Optimization).

Untuk detail cara desain template blog, telah kami rangkum dalam artikel blogging yang berjudul Membuat Desain Tata Letak Blog yang Humanis. Selanjutnya mulailah menulis artikel dengan membuat label postingan. Hal ini perlu agar pembaca dapat mengetahui konteks artikel yang kamu tulis. Selain juga memudahkan kamu memanajemen artikel blog serta membuat artikel turunan atau pembahasan lebih dalam.

Menulis Artikel di Blog Sendiri

Sebagai pelajar atau mahasiswa tentu menjadi kebanggaan bila dapat menulis di media online seperti qureta, kompasiana, dan media online lain. Akan beda rasanya bila kamu menulis artikel di blog sendiri. Artikel kamu tayang tanpa proses editing dari editor. Ini membuat kamu belajar berhati-hati dalam menulis. Juga mengajarkan kamu untuk terus memperbaiki kualitas tulisan.

Setelah kamu memiliki blog sendiri, kamu bebas menulis dan memublikasikan tulisan ke media blog. Kapanpun dimanapun, kamu bisa menulis dan langsung dibaca oleh penggemar dan pembaca blog kamu. Untuk itu diperlukan membiasakan menulis artikel di blog dengan melengkapi tag atau label tulisan.

  1. Buat Postingan Baru
  2. Mulailah menulis Judul Artikel dan Isi
  3. Di bagian kanan pada Form Label, ketik nama label atau kategori tulisan. Jika menurutmu tulisan mengandung lebih dari satu kategori, kamu ketik dua kategori dan pisahkan dengan tanda koma.
  4. Publikasikan

Kalau kamu sudah terbiasa menulis di blog sendiri, tentu kamu akan memiliki banyak sekali tulisan di blog. Hal ini bukan berarti blog kamu langsung ramai pembaca atau pengunjung. Misi berikutnya adalah bagaimana agar artikel kita muncul dalam pencarian google. Agar ketika orang mencari sesuatu di google, artikel kamu muncul dalam pencarian dan mendapatkan kunjungan.

Itulah kenapa kami sebutkan untuk memasang template blog yang support SEO. Ini agar tulisan kamu cepat muncul di mesin pencari. Namun bila kamu ingin memastikan apakah blog kamu sudah bagus dalam hal SEO, mendaftarlah di Google Search Console untuk melakukan indexing blog.

Lakukan Indexing Blog di Google Search Console

Google Search Console penting bagi konten kreator di dunia blogging. Ini untuk memantau performa blog kamu di mesin pencari google. Di sini kita bisa melihat berapa kali blog kita muncul di pencarian, berapa kali dikunjungi dari hasil pencarian, kata kunci apa yang membuat blog kita dikunjungi pembaca, dan informasi lain sebagai bahan evaluasi kamu dalam mengelola blog.

Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense

Langsung saja dipraktekkan Cara mendaftar Google Search Console (GSC):

  1. Kunjungi situs GSC di https://search.google.com
  2. Klik Mulai Sekarang
  3. Muncul jendela penambahan properti, pilih form sebelah kanan karena kita menggunakan subdomain blogspot.
  4. Ketik alamat link blog kamu, lalu klik Terus
  5. GSC akan memverifikasi kepemilikan situs. Ini akan dilakukan secara otomatis bila kamu menggunakan akun google yang sama.
    Apabila gagal verifikasi, kamu dituntut untuk menambahkan script verifikasi ke dalam template. Lakukan penambahan script di bawah kode <head> pada menu Template - Edit HTML di dasbor blogger. Baca artikel lanjutan tentang Cara Menambahkan atau Verifikasi Kepemilikan Situs di GSC.
  6. Setelah terverifikasi, klik tab Peta Situs
  7. Di form Tambahkan peta situs baru, ketik kode feeds/posts/default?orderby=updated setelah alamat url blog kamu. Lalu klik Kirim.

Kemudian kamu akan melihat informasi URL yang ditemukan dan apakah bisa langsung diindex atau menunggu hingga mesin algoritma GSC selesai merayapi seisi blog kita.

Berikutnya untuk Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense adalah mendaftar dan membuat akun Google Adsense.

Mendaftar dan Membuat Akun Google Adsense

Ini merupakan tahap akhir bila ingin menghasilkan cuan dari blog. Mendaftar Google Adsense tidak terbatas pada youtuber, akan tetapi blogger juga dapat memonetasi kontennya di plaform ini.

Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense

Google Adsense adalah platform periklanan yang membuka ruang bagi pengiklan atau perusahaan untuk memasang iklan atau konten promosi. Iklan-iklan itu akan muncul di dalam video atau blog milik konten kreator yang telah terdaftar sebagai publisher di Google Adsense. Maka dari itu, kita harus terdaftar dulu sebagai publisher dengan mendaftar langsung di Google Adsense.

  1. Kunjungi situs Google Adsense di https://www.google.com/adsense
  2. Isi formulir yang dimunculkan seperti data akun
  3. Masukkan alamat blog atau situs yang ingin dimonetasi, lalu klik Simpan dan Lanjutkan
  4. Copy kode script Google Adsense yang diberikan, lalu paste di atas kode </head>  pada menu Template - Edit HTML di dasbor blogger.
  5. Kemudian tunggu hingga tim Google Adsense meninjau blog atau situs. Proses ini akan membutuhkan waktu hingga paling lama 2 minggu. Hasilnya bisa saja diterima atau mungkin juga ditolak dengan alasan

Bila diterima, blog kamu bisa langsung menampilkan iklan google dan menghasilkan uang dari blog. Namun bila ditolak, pelajari alasan penolakan dan lakukan perbaikan. Baca artikel kami tentang Alasan Penolakan Situs di Google Adsense, dan Cara Memperbaikinya Agar Diterima

Dari penjelasan diatas, sebenarnya sudah cukup untuk Cara Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang dari Adsense. Hanya saja tak sedikit dari kita yang patah di tengah jalan, gugur sebelum berjuang, mati sebelum bertempur. Namun bagi kami hal ini B aja. Sebab semua kita akan menghasilkan segala sesuatu sesuai dengan usaha yang kita lakukan sebelumnya. Hasil tidak akan menghianati usaha. Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama