Jenis Bantuan 600 Ribu Dari Pemerintah Pada Tahun 2023

 

Jenis Bantuan 600 Ribu Dari Pemerintah Pada Tahun 2023

Jenis Bantuan 600 Ribu Dari Pemerintah Pada Tahun 2023 - Kabar terbaru terkait bansos BPNT atau bansos dan BLT BBM tahun 2023. Diinformasikan bahwa Jenis Bantuan 600 Ribu dari pemerintah pada tahun 2023 memastikan bansos BPNT dan BLT BBM akan kembali pada tahun 2023 ini. Tentu informasi ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan, khususnya bagi Keluarga Penerima Bantuan Sosial (KPM). 


Bansos BPNT atau singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai telah cair pada Januari lalu dan siap disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan pemerintah. Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menginformasikan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp470 triliun yang akan dialokasikan untuk bansos 2023 mendatang. Cara Daftar Kartu Prakerja 2023.


Dimana beberapa jenis bansos yang telah disalurkan pada tahun 2022 kemarin akan dilanjutkan kembali pada tahun 2023. Beberapa bansos yang masih akan dilanjutkan pada tahun 2023 antara lain BPNT, PKH, BLT BBM dan Program Indonesia Pintar. Khusus untuk bansos BPNT seperti dulu, biasanya KPM akan mendapat bantuan sebesar Rp. 200 ribu per bulan, tetapi dicairkan setiap tiga bulan sekali. 


Jika melihat pencairan bansos BPNT sebelumnya yang biasanya cair di awal bulan, bagaimana dengan jadwal pencairan BPNT tahun 2023? Hingga berita ini diturunkan, pemerintah belum memberikan informasi resmi terkait jadwal pencairan BPNT dan BLT BBM pada 2023. Namun, masyarakat bisa memastikan apakah masih terdaftar sebagai penerima bansos BPNT pada 2023 atau tidak. Lantas bagaimana cara mengecek data penerima bansos BPNT dan BLT BBM 2023?


Bantuan sosial terkait kenaikan harga BBM atau yang dikenal dengan BLT BBM disalurkan kepada 20,65 juta jiwa melalui PT Pos Indonesia (Persero). Jumlah penerima BLT BBM sebanyak 20,65 juta orang berasal dari data penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai (BPNT). Lalu, bagaimana cara mendapatkan bantuan pemerintah? Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi penerima BLT BBM dengan cara mendaftar. 


Cara pendaftaran BLT BBM dapat dilakukan melalui Aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di Play Store. Jika ingin mendaftar BLT BBM, jangan lupa siapkan KTP, KK, email aktif dan nomor handphone yang digunakan. Seperti diketahui, pemerintah telah menyalurkan BBM BLT kepada masyarakat sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM. 


Besaran BLT BBM adalah Rp. 600 ribu yang dialokasikan dari anggaran Rp. 12,4 triliun. BLT BBM disalurkan dalam dua tahap. Tahap pertama mendapat Rp 300 ribu pada September, lalu awal Desember tahap kedua diberi Rp 300 ribu. Nah kali ini saya akan fokus pada pembahasan bansos yang akan berjalan pada tahun 2023 yaitu BPNT dan bagaimana cara menjadi penerima BPNT?


Cara Mendaftar Penerima Bantuan BPNT

Berikut cara penggunaan fitur usul sanggah pada aplikasi Cek Bansos

  • Download Aplikasi Cek Bansos melalui Play Store.
  • Klik tombol menu "Daftar Usulan" pada halaman menu.
  • Klik tombol "Tambahkan Usulanl". Lakukan pengisian data formulir sesuai dengan data dukcapil Calon Penerima Manfaat.
  • Pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH).
  • Jika NIK sudah terdaftar, upload 2 foto yaitu KTP dan tampak depan rumah.


Cara Mengetahui Apakah Anda Penerima BPNT Atau Bukan

  • Akses laman pada browser cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  • Masukkan nama lengkap Penerima Manfaat (PM) sesuai KTP Anda
  • Kemudian, ketik kode captcha yang tertera pada kotak.
  • Jika huruf kode kurang begitu jelas, klik ikon segarkan untuk mendapatkan huruf kode baru yang lebih jelas dan mudah untuk dimengerti.
  • Setelah selesai, klik tombol SEARCH DATA.
  • Selanjutnya, Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan wilayah yang sudah diinput. Sistem Cek Bansos Kemensos akan memberikan informasi nama penerima manfaat sesuai dengan data yang telah Anda masukkan.


Tata Cara Penyaluran Bantuan BPNT

Menurut informasi yang saya dapat, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi membeberkan ada 3 cara utuk penyaluran bantuan pemerintah BPNT. Berikut beberapa cara tersebut.


Kantor Pos

PT Pos Indonesia diamanatkan oleh pemerintah untuk mendistribusikan program BPNT. Untuk menerima BPNT dari pemerintah, Anda bisa mengambilnya di kantor pos terdekat yang berdomisili dalam radius kantor pos.


Komunitas

Penyaluran BPNT juga bisa melalui masyarakat. Anda bisa mendapatkan bantuan dari RT/RW, kelurahan dan kecamatan.


Diantarkan Langsung

Bagi orang tua atau lansia, Difabel dan Warga yang tinggal di 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar) BPNT akan diantarkan langsung ke rumah penerima.


Manfaat Yang Bisa Didapat Dari BPNT

  • Peningkatan ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, serta mekanisme perlindungan sosial dan pengentasan kemiskinan.
  • Peningkatan transaksi non tunai ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia.
  • Meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas perekonomian sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).
  • Peningkatan efisiensi dalam penyaluran bantuan sosial.
  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, khususnya usaha mikro dan kecil di sektor perdagangan.


Demikian ulasan tentang Jenis Bantuan 600 Ribu dari pemerintah pada tahun 2023 semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama