Fungsi Serta Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Yang Tepat

Fungsi Serta Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Yang Tepat

Fungsi Serta Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 Yang Tepat - Program Kartu Prakerja merupakan salah satu terobosan pemerintah yang dimulai pada tahun 2020. Pada tahun 2023 akan kembali diadakan. Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan kepada pencari kerja, pekerja/buruh/yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 


Diketahui bersama, program ini diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Jelas tujuannya untuk mengasah dan memaksimalkan kemampuan masyarakat menjadi Sumber Daya Manusia yang lebih maju. Pada gelombang sebelumnya, Kartu Prakerja berhasil mengumpulkan 5.509.055 penerima. CNBC mengungkapkan, pemerintah telah mengucurkan insentif sebesar 13,36 triliun rupiah. 


Program ini memberikan kesempatan bagi Anda yang ingin mengembangkan keterampilan dalam bidang tertentu. Adapun yang dimaksimalkan, menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Misalnya memaksimalkan potensi pada era dunia digital dengan menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, dan lain-lain. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan memberitahukan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023. Untuk lebih jelasnya, simak artikel yang saya bahas di bawah ini.


Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

Banyak yang menunggu dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja 2023, karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagaimana dijelaskan secara singkat di atas. 


Ada beberapa hal yang harus diketahui calon peserta yang akan mendaftar nanti saat dibuka. Salah satu yang wajib diketahui adalah cara daftar akun untuk membuat Kartu Prakerja 2023. Sebelum Anda ingin mendaftar Kartu Prakerja, silahkan masuk terlebih dahulu ke laman resmi prakerja.go.id lalu pilih menu Daftar Sekarang. Berikut cara daftar kartu prakerja 2023.


  • Kunjungi situs resminya melalui web browser www.prakerja.go.id.
  • Kemudian pilih menu Daftar Sekarang.
  • Silahkan masukkan email dan password aktif Anda, lalu pilih Daftar. Pastikan Anda mengingat email dan kata sandi Anda untuk masa mendatang.
  • Buka email Anda untuk menerima notifikasi masuk melalui email.
  • Jika sudah membuka email, silahkan verifikasi dengan mengklik link yang dikirimkan melalui email di inbox.
  • Jika Anda sudah berhasil melakukan verifikasi melalui email, maka Anda telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja 2023.


Itulah cara daftar Kartu Prakerja 2023 yang harus Anda ketahui. Bagi anda yang berminat sepertinya harus segera mendaftar karena mengingat jumlah peminatnya sangat tinggi dan banyak sekali keuntungannya. Selain mendaftar, skema ini mengharuskan Anda melalui tahapan yang telah ditentukan. Berikut cara yang akan saya jelaskan di bawah ini.


Tahapan Cara Daftar Kartu Prakerja 2023

  • Buat akun dengan memasukkan alamat email dan kata sandi
  • Verifikasi NIK KTP dan KK dengan memasukkan NIK 16 digit pada KTP dan 16 digit pada KK serta tanggal lahir Anda
  • Isi data diri Anda dengan lengkap sesuai KTP
  • Kemudian unggah foto KTP, pastikan foto KTP jelas dan tidak buram.
  • Saat memverifikasi foto wajah, lakukan selfie menggunakan kamera ponsel. Pastikan wajah terlihat jelas dan dalam cahaya yang cukup. Pastikan wajah memenuhi 80 persen bingkai foto. Pastikan untuk tidak menggunakan aksesoris seperti topi, kaca mata, masker agar dapat dengan mudah terdeteksi.
  • Menjawab pertanyaan tentang alasan mengambil Kartu Prakerja
  • Isilah pertanyaan-pertanyaan seputar pelatihan minat dan keterampilan.
  • Verifikasi nomor telepon aktif Anda
  • Harus mengikuti ujian
  • Setelah mengikuti tes, ikuti seleksi batch
  • Pilih batch yang diinginkan dan sesuaikan dengan domisili Anda
  • Pendaftaran selesai
  • Tunggu proses evaluasi pendaftaran
  • Pastikan Persyaratan Mendapatkan Pendaftaran Kartu Prakerja


Sebelum melakukan cara pendaftaran kartu prakerja, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratan untuk dapat mendaftar kartu prakerja. Berikut persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon peserta. Harap perhatikan baik-baik.

  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang dalam proses mencari pekerjaan.
  • Pekerja/buruh yang di-PHK, atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang di-PHK.
  • Pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.


Manfaat Memiliki Kartu Prakerja 2023

Mendapat Biaya Insentif Untuk Membeli Pelatihan

Penerima Kartu Prakerja akan diberi bantuan untuk pelatihan sebesar Rp 1.000.000. Bantuan ini dapat digunakan untuk membeli sejumlah pelatihan yang tersedia di platform digital atau mitra program Kartu Prakerja.


Berpartisipasi Dalam Pelatihan Kerja Di Platform Digital

Biaya insentif senilai 1 juta rupiah yang telah diterima bisa dipakai untuk membeli berbagai pelatihan. Pelatihan ini tersedia di berbagai platform digital atau mitra yang bekerja dengan program Prakerja. Platform digital yang menjadi mitra Prakerja adalah Tokopedia, Bukalapak, Karir.mu, Pintaria, Pijar, dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker). 


Ada berbagai jenis pelatihan yang bisa diikuti oleh penerima Kartu Prakerja, antara lain cara berjualan online, pelatihan menjadi fotografer, serta pelatihan aplikasi komputer. Selain itu, ada juga kursus bahasa, pelatihan keterampilan merawat kecantikan, dan pelatihan menjadi pelatih kebugaran jasmani. Penerima insentif Kart Prakerja harus menyelesaikan satu pelatihan yang dipilih sebelum membeli pelatihan lainnya.


Mendapatkan Sertifikat Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard pada saat pelatihan selesai paling lambat satu hari kerja setelahnya. Sertifikat pelatihan dikeluarkan langsung oleh lembaga pelatihan. Jika terdapat kesalahan penulisan nama pada sertifikat pelatihan, peserta dapat menghubungi lembaga pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut.


Demikian ulasan tentang fungsi serta Cara Daftar Kartu Prakerja 2023 yang tepat semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama