3 Strategi Memilih Kost Kosan Untuk Mahasiswa Luar Kota

3 Strategi Memilih Kost Kosan Untuk Mahasiswa Luar Kota

Bestie.my.id - Kos Kosan merupakan salah satu kebutuhan para perantau. Karena akan menjadi rumah tinggal sementara di kota perantauan, maka perlu untuk mempertimbangkan lebih hati-hati ketika memilih tempat dan kondisi kos. Apalagi Kost Kosan buat mahasiswa baru yang berasal dari luar kota, mencari kost yang nyaman dan ideal seringkali tidak mudah, sehingga ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih kost.

Tips Memilih Kost Kosan Untuk Mahasiswa Luar Kota

Cari Kost Kosan Sejak Jauh-Jauh Hari

Cari dan bikin lokasi kos kosan saat pertama kali kamu kunjungan ke kampus. Entah itu kunjungan dalam rangka mengirim berkas pendaftaran atau melihat pengumuman awal. Hal ini baik agar tidak berbenturan dengan kebutuhan kamu yang lain. Hindari mencari kost secara mendadak. 

Mendapatkan kos kosan yang nyaman baik dari segi lokasi maupun fasilitas. Kost Kosan yang  nyaman dan baik adalah tujuan para perantau baik itu untuk urusan pekerjaan maupun pendidikan tinggi. Jangan ragu untuk mencari refensi tentang Kost Kosan yang nyaman dan cocok untuk kamu tinggali. 

Pilih Kost Kosan Yang Sesuai Budget

Melakukan survey antara satu kost dengan kost lainnya sebelum memutuskan untuk menyewa. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui harga yang ditawarkan sesuai apakah sesuai dengan fasilitas kost. Juga, perhatikan bagaimana sistem pembayarannya. Setiap Kost Kosan tentu memiliki metode pembayaran yang berbeda, bulanan atau tahunan misalnya. 

Masalah budget menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Menetapkan level budget pada awal pencarian Kost Kosan membuat pencarian lebih mudah karena kamu tidak perlu membuang waktu mengunjungi Kost Kosan yang ternyata biayanya lebih tinggi dari kemampuan budget kamu. Hindari memilih Kost Kosan yang tidak sesuai budget yang kamu miliki sebab akan membuat kamu kelabakan mengatur keuangan selama masa perkuliahan nantinya.

Misalnya kamu mendaftar dan diterima di salah kampus di Jakarta Timur, maka yang harus kamu perhatikan adalah memilih Kost Jakarta Timur yang sesuai budget. Ya, tentu saja cari Kost terdekat dengan kampusmu.

Lihat Lingkungan Sekeliling Kost Kosan

Tidak heran karena ini dimaksudkan untuk memudahkan mobilisasi kamu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, perhatikan apakah kost itu dekat dengan pusat perbelanjaan, apakah area di sekitar kost itu ramai atau sepi, dan lain sebagainya.

Selain itu kamu perlu memastikan apakah lingkungan sekitar menunjang kemajuan kamu dalam perkuliahan atau tidak. Jika dirasa lingkungan sekitar tidak mendukung, maka kamu harus mempertimbangkan untuk membatalkannya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama